TREND MEDIA SOSIAL
Dengan kata lain, tren adalah jenis konten yang
bersifat sementara yang menarik perhatian khalayak luas dan dapat dengan cepat
menyebar ke semua platform media sosial utama. Tren hadir dalam berbagai
bentuk, termasuk topik diskusi, meme , video berdurasi pendek, dan tantangan,
Dengan kata lain trend adalah hal yang dapat membantu suatu bisnis menyebarkan
Namanya secara cepat karena sedang mengikuti flow algoritma yang sedang ramai
digunakan oleh berbagai orang dalam beberapa waktu ini.
Dalam perihal ini kita akan membahas apa saja yang membuat
video/content menjadi naik atau bisa menjadi viral, apa saja faktor2 yang harus
dilakukan agar mampu menarik penonton dan apa saja yang harus dilakukan agarv
penonton tersebut tetap stay bahkan mengikuti akun sosial media kita
1. Hook
content
“hook”
diambil dari Bahasa inggris yang artinya kail pancing, yang artinya “hook” ini
adalah hal yang dilakukan untuk memancing penonton untuk melihat conten yang
ksmu buat, contoh dari “hook” adalah, ada video orang terjatuh, lalu tiba2
transisi kepada orang yang bangun dari jatuh lalu promosi di video yang ada,
umumnya “hook” digunakan dalam digital marketing, tetapi hook bisa saja
digunakan sebagai influencer yang ingin menarik pengikut, tetapi dalam
penggunaan hook ini kamu harus berhati hati
apabila kamu “miss” menggunakan “hook” misalnya “hook”nya terlalu Panjang atau
tidak relevan maka itu akan membuat penonton kecewa dan malah mengabaikan video
kita
2. Penggunaan
hashtag (#)
Kalian
pasti pernah menemukan penggunaan penggunaan tanda pagar(#) dan diikuti dengan
kata spesifik yang mencerminkan postingan di media sosial bukan? Inilah yang
dinamakan dengan “hashtag”, “hashtag” ini berfungsi agar memudahkan pengguna
soaial untuk mencari postingan yang dicari, contoh apabila seseorang sedang
mencaru buku komik maka orang itu bisa mencari #buku atau bisa dengan langsung
bisa mencari dengan #bukukomik, contoh lagi apabila seseorang ingin mencari
tempat makan di solo, maka orang itu bisa mencari di sosial media menggunakan
#warungmakansolo ,#kulinersolo atau bisa juga dengan #jajanansolo, keuntungan
dari penggunaan “hashtag” untuk digital marjeting adalah memperbesar peluang
content yang dibuat ditemukan oleh orang, misal content dengan 6 “hashtag” akan
lebih mudah ditemukan daripada yang hanya dengan 2 “hashtag”, tetapi dalam
penggunaan “hashtag” ini harus relevan dengan conten yang dibuat, jangan kalian
memosting conten makanan tetapi malah “hashtag”nya kosmetik
3. Penggunaan
music atau suara yang sedang naik
Biasanya
ada suatu Ketika penggunaan music ini bisa menjadi krusial dalam pembuatan
conten atau digital marketing, pengunaan music yang pas mampu membuat audience
tertarik dengan conten yang kita buat, bisa saja kita memakai music yang sedang
viral agar conten kita bisa terlirik oleh algoritma atau kita bisa menggunakan
music yang sesuai dengan tema conten kita, contoh
1. Conten
dengan music yang sedang naik
Yang
dimaksud dengan menggunakan music yang sedang naik adalah, kita bisa membuat
conten yang memiliki music trend yang sama, jadi membuat conten menggunakan music
yang sedang naik, dengan harapan conten kita akan ikut naik juga
Contoh
lagu:
Million dollar baby
Mood
Starman
Forever young
Mamushi
Doremifasolasi kpop
bye bye bye
niscaya
planet lain
3:03
End of beginning
2. Conten
dengan music yang sesuai
Music
yang sesuai disini adalah menyesuaikan tema video dengan tema music yang ada,
contohnya ada warung dari jawa Tengah yang sedang membuat conten digital
marketing, karena lokasinya berada dijawa maka otomatis music yang digunakan
juga music yang berasal dari tradisional jawa Tengah
4. Menggunakan format conten yang singkat dan jelas
Penggunaan format conten yang singkat dan jelas ini berfungsi agar penyampaian informasi tidak terlalu bertele tele dan penonton juga lebih lebih tertarik dikarenakan video yang dilihatnya singkat dan mudah dipahami, dengan adanya short,reels ataupun tiktok format ini lebih diuntungkan karena format video ini dengan mudah diakses, dengan rata2 pengguna medsos di Indonesia yang bahkan mencapai usage sampai dengan 3 jam perhari maka dengan hook,music,hashtag dan format yang pas maka ini bisa menjadi kombo yang membuat conten kita menjadi semakin ke permukaan karena mengikuti flow yang terus berjalan
5. Membuat
personal branding
0 Comments:
Posting Komentar