CUSTOMER SEGMENT
Demographic Segment
Mengelompokan pelanggan berdasarkan karakteristik
demografis
· Wirausaha:
mereka mungkin mencari tempat makan yang
cukup luas agar bisa digunakan juga sebagai tempat meeting untuk membicarakan
tentang bisnis atau bertemu dengan klien
· Pelajar
dan mahasiswa( 17-25 tahun): mereka membutuhkan tempat makan yang sekaligus
bisa digunakan sebagai tempat belajar atau mengerjakan tugas
Psychocraphic Segment
Mengelompokkan pelanggan berdasarkan aspek psikologi
· Komunitas
dan sosialisasi: mereka tidak hanya dating ke warung rembung untuk sekedar
makan saja, mereka biasanya mengadakan pertemuan untuk membahas hal2 mengenai
pekerjaan atau tentang pribadi
· Family: biasanya customer ini tidak hanya datang ke waroeng rembung sendiri, biasanya pelanggan jenis ini akan membawa satu keluarga untuk makan Bersama di sini
· Konservatif: Konsumen yang lebih nyaman dengan hal-hal yang sudah familiar dan
teruji. Mereka cenderung memilih menu-menu klasik yang mereka sudah kenal.
Behavioral Segment
Mengelompokan pelanggan berdasarkan perilaku dan sikap
mereka
·
Acara Khusus: Pelanggan yang datang untuk
merayakan acara khusus seperti ulang tahun, pertemuan keluarga, atau acara
komunitas. Mereka mencari menu spesial dan layanan yang istimewa.
· Makan Santai: Pelanggan yang datang untuk bersantai, nongkrong, atau menghabiskan waktu bersama teman. Mereka mencari tempat yang nyaman dengan makanan ringan dan minuman
·
Mencari Kenyamanan: Pelanggan yang mencari
tempat yang nyaman dengan layanan cepat dan efisien. Mereka menghargai
kenyamanan tempat duduk, kebersihan, dan suasana yang tenang.
Geographic segment
Mengelompokkan pelanggan berdasarkan Lokasi geografis
· Warga sekitar: Penduduk yang tinggal di
sekitar lokasi akan menjadi pelanggan tetap karena akses yang mudah dan dekat.
Mereka cenderung mengunjungi warung untuk makan sehari-hari, baik makan di
tempat atau bawa pulang
·
Pelajar dan Mahasiswa: Siswa dari sekolah
menengah dan mahasiswa dari universitas atau institusi pendidikan di sekitar
Solo Baru. Mereka mungkin mencari tempat untuk makan setelah jam pelajaran atau
tempat untuk belajar dan berkumpul dengan teman-teman.
VALUE PROPOSITION CANVAS
BENEFIT
- ruang pertemuan nyaman
- menu beragam
- suasana akrab
- harga terjangkau
- tempat luas
- wifi gratis
- menu klasik dan spesial
- fasilitas ramah untuk pertemuan
- atmosfer spesial
- layanan konsisten
- lingkungan ramah keluarga
- musik latar belakang
- tempat bersih
- menu familiar
- layanan efisien
- terdapat internet (wifi)
- tempat nyaman
- menu klasik
- layanan ramah
- wifi gratis
- tempat tidak nyaman
- menu tidak menarik
- wifi tidak stabil
- pelayanan lambat
0 Comments:
Posting Komentar